SURGA TERSEMBUNYI DI GUNUNGKIDUL : PULAU KALONG

Pulau Kalong menjadi salah satu spot wisata di Yogyakarta yang sekarang lagi ngehits banget karena sangat instagramable. Secara administratif pulau ini berada di kabupaten Gunungkidul. Pulau Kalong sendiri adalah sebuah pulau karang yang dipisahkan oleh selat kecil yang dihubungkan oleh jembatan kecil yang terbuat dari tali dan papan kayu. Jika dilihat secara sekilas pulau ini mirip dengan pulau Timang yang ada di sebelah baratnya. Jika kalian berjalan menyusuri jalur menuju pulau Kalong kalian dapat menemukan beberapa pantai dan spot yang tak kalah indahnya.

Karena lokasinya yang agak terpencil maka kalian perlu untuk menyediakan beberapa persiapan tambahan seperti sendal/sepatu outdoor karena jalan yang dilalui cukup terjal dan harus melewati tebing dengan permukaan yang tajam, baju yang agak tertutup namun tetap sejuk (breetheable) bagi yang tidak mau terpapar sinar matahari secara berlebihan dan bekal yang secukupnya untuk perjalanan pergi pulang karena kalian tak akan menemukan sumber air selain air yang dibeli di beberapa warung di sepanjang jalur.

Untuk menuju Pulau Kalong dibutuhkan waktu ±2 jam dari pusat kota Yogyakarta. Sayangnya tidak terdapat transportasi umum  untuk menuju lokasi ini. Pertama kalian harus memarkir kendaraan di lokasi parkir pantai Siung Wediombo (ini juga lagi hits). Disini terdapat beberapa warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Bagi kalian yang tidak membawa bekal dapat membelinya disini. Setelahnya kalian harus berjalan sejauh 1 km ke arah timur melalui jalan tanah dan batuan kapur. Di beberapa spot telah dipasang plang penunjuk arah. Perlu hati-hati agar kalian tidak salah arah. ada dua pantai yang lokasinya berdekatan dengan pulau Kalong yaitu pantai Sedahan dan pantai Greweng. Jika kalian ingin menikmati semuanya maka kalian harus berjalan ke pantai Sedahan terlebih dahulu. Sekitar 500 meter dari parkiran kalian akan tiba di pertigaan jalan menuju pantai Sedahan dan pantai Greweng. Jangan malu untuk bertanya pada penduduk setempat karena mereka sangat dapat diandalkan jika kita membutuhkan bantuan. oh ya sebelum pertigaan kita akan menemui gua yang cukup luas di sisi kanan jalan setapak. IMG_2415Di dalam gua tersebut terdapat formasi batuan stalaktit dan stalakmit. Kalian juga akan menemukan warung disini.

Nah setelah melewati warung kalian harus berjalan 500 meter lagi ke arah timur melalui kebun singkong dan hutan kecil sampai akhirnya kalian akan tiba diparkiran motor pantai Sedahan (loh kok ada parkiran ? sampai artikel ini ditulis saya juga tidak tahu jalurnya jika menggunakan sepeda motor). Selain parkiran terdapat warung dan kamar mandi. Tidak Jauh dari parkiran kalian akan langsung dihadapkan pada pemandangan yang sangat eksotis. Pantai pasir putih dengan deburan ombak pantai selatan yang cukup besar.

Pantai ini ditumbuhi oleh alang-alang dan pandan laut yang tinggi sehingga cukup untuk menaungi kita yang berlindung di bawahnya. Selain berenang kita juga dapat mendirikan tenda untuk bermalam disini. Jangan lupa beristirahat sejIMG_2439enak dan menambah energi dengan bekal yang kalian sudah siapkan tadi karena untuk menuju pulau Kalong kita harus mendaki bukit dan berjalan beberapa ratus meter lagi.

Jika sudah beristirahat berjalanlah menyusuri pantai ke arah barat. Di ujung jalan pasir kalian harus harus menaiki bukit karang yang ditumbuhi semak dan pandan laut. Setelah tiba di atas bukit kalian akan menemukan pantai berbentuk huruf U dengan  tebing yang sangat curam. Pantai ini dinamakan pantai Sinden. IMG_2454.JPGOmbak di pantai ini juga sangat besar dan berbahaya untuk dapat melakukan aktifitas disitu karena langsung berhadapan dengan laut lepas tanpa ada yang menghalanginya. Pantai ini juga tidak seperti pantai pada umumnya yang memiliki pasir, pantai ini hanya memiliki tembok karang terjal yang berhadapan dengan air laut yang ganas, so jangan coba-coba untuk turun dan berenang.

Setelah melewati pantai ini kalian akan tiba di persimpangan jalur. Ke kanan (atas) menuju camping ground dan pantai Greweng, lurus menuju ujung tanjung dan ke kiri (turun) menuju pulau Kalong. Ambillah jalur ke arah kiri, sekitar 5 menit dari situ kalian akan tiba di bibir tebing yang berhadapan dengan pulau Kalong. Istirahatlah sejenak dan kemudian kalian dapat mengambil foto di tepian tebing ataupun di atas jembatan (harus dilakukan oleh expert karena cukup berbahaya). Perlu untuk berhati-hati juga jika akan mengambil atau berfoto di tepian tebing karena tebing-tebing tersebut membentuk susunan batu yang sangat tajam sehingga dapat dengan mudah melukai kulit seseorang. Untuk melakukan selfie dia atas jembatan kalian dikenai biaya Rp. 25.000,00/orang dan untuk berkemah dikenai biaya Rp. 50.000,00, namun jika tidak ada orang yang berjaga kalian tidak perlu membayar alias gratis. Tapi ingat jika ingin selfie kita harus tetap memastikan agar tetap keadaan tetap safety karena apalah guna selfie jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah puas melakukan sesi foto kalian dapat melanjutkan perjalanan ke pantai Greweng yang sudah tidak jauh lagi dari sini. Kembalilah ke persimpangan jalur sebelumnya dan kalian dapat langsung menuju ke arah pantai Greweng atau ke arah ujung tanjung. Di ujung tanjung pemandangan yang disajikan juga sangat menarik. IMG_2543.JPGKalian dapat melihat pulau kalong serta jajaran pantai-pantai lainnya dari arah timur hingga ke barat dan pemandangan samudera Indonesia. Jika tidak ingin capek kalian dapat langsung menuju pantai Greweng dengan menuruni bukit dengan jalan setapak yang cukup terjal. Namun terjalnya jalan terbayar oleh pemandangan yang tak kalah indahnya yang dapat kalian saksikan ketika menuruni bukit ini.

IMG_2544Pantai yang diapit oleh tebing karang dengan hamparan pasir putih, deburan ombak hingga muara sungai yang jernih sungguh mengobati rasa pegal dan capek. Setibanya di pantai kalian dapat duduk-duduk sembari menikmati semilir angin laut di bawah rindangnya pepohonan.

Di pantai ini terdapat beberapa warung dan kamar mandi sehingga tidak perlu khawatir jika bekal yang kalian bawa sudah habis sewaktu perjalanan tadi. Bagi kalian yang suka camping, lokasi ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk sekedar menghabiskan malam bersama teman-teman dan orang-orang terkasih kalian. Pantai ini juga masih jarang dikunjungi oleh orang-orang karena lokasi dan jaraknya yang cukup jauh dari jalan raya dan permukiman warga. Ini merupakan lokasi terkahir dalam rangkaian perjalanan menuju pulau Kalong. Untuk kembali ke parkiran kalian dapat melalui jalan setapak yang akan membawa kalian ke persimpangan jalan yang paling awal kalian temui. So, siapkan segala sesuatu jika kalian ingin berkunjung ke sini baik untuk sekedar berfoto ataupun melakukan aktifitas outdoor lainnya dan jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan akan lebih baik jika sampah yang kita hasilkan kita bawa kembali untuk dibuang pada tempat semestinya.

Teruslah menjelajah dan melestarikan kekayaaan alam Indonesia !
Salam Lestari !

Informasi tambahan:

  1. Parkir : Rp. 2.000,00
  2. Kamar Mandi : Rp. 5.000,00
  3. Selfie Jembatan : Rp. 25.000,00
  4. Camping Pulau Kalong : Rp. 50.000,00
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s